Selasa, 17 November 2009

Tips mengatasi balita susah makan


Pembaca terhormat, ini merupakan pengalaman pribadi saya.
Anak saya "raafid" mulai tumbuh gigi pada usia 6 bulan, dan 6 bulan pertama tersebut makannya masih bagus, apa saja yang disuapkan kemulutnya masuk dan dimakan, menginjak usia selanjutnya makan mulai susah, diawali penolakan dengan gigi depannya, kemudian berikut mulai susah sekali untuk menyentuh mulutnya dengan makanan " nasi", tapi klu untuk cemilan tidak terlalu susah, tapi yang namanya orang tua jika anak tidak makan nasi rasanya kurang puas walaupun dia mau makan cemilan seperti roti dan buah-buahan, ya saya sebagai ibu tentunya bingung, banyak yang bilang dikasi vitamin, padahal anak saya sejak usia kurang lebih 3 bulan sudah saya kenalkan dengan jamu kunyit buatan sendiri, tadinya dimaksudkan untuk anti bodynya saja, tapi ternyata jamu kunyit + temulawak bisa menanbah nafsu makan dan ditambah lagi vitamin yang diberikan oleh dokter, tapi tetap aja makannya kadang ok kadang tidak tapi banyak tidaknya, kalau saya menilai anak saya makannya berdasarkan mood, sampai akhirnya saya punya ide membuat makanan yang dicampurkan ke dalam susuhnya, sebagai alternatif jika tidak mau makan tapi anak tetap mengkonsumsi protein yang campur kedalam susu, caranya:
membuat bubur tajin bisa kacang hijau saja bisa juga beras merah saja atau dicampur keduanya.
1. bahan:

· 1 sdm kacang hijau

· 1 sdm beras merah

· 2 sdm tepung beras

· 6 gelas air (atau secukupnya)

· 2 sdt gula pasir

· garam secukupnya


2. cara membuatnya:

· Cuci bersih kacang hijau dan beras merah sampai bersih

· Masukan air kewajan 6 gelas (secukupnya) rebus kacang hijau dan beras merah sampai pecah, jika airnya berkurang boleh ditambahkan jangan sampai kering usahakan airnya tetap ada setengah dari air awal tadi (kurang lebih tersisah 3 gelas) diwajannya, kemudian kecilkan api, masukan garam sedikit saja kira-kira seujung sendok teh saja untuk penangkal sakit perut, kemudian masukkan gula 2 sendok teh, kemudian masukkan air dingin kira-kira seperempat gelas campurkan dengan 2 sdm tepung beras tadi aduk sampai rata kemudian campurkan dengan adonan yang diwajan tadi sambil diaduk2 dan apinya dibesarkan sampai mendidih dan terus diaduk kemudian apinya dikecilkan biarkan kurang lebih 15 menit , jika ada tambahkan daun pandan sedikit sebagai pengharum,setelah matang angkat dan saring ketempatnya. Catatan jika anaknya tidak suka minum susu hangat maka dinginkan dulu baru dicampurkan dengan susu yang biasa diminum.

· Biasanya saya mencampurkannya dengan cara masukkan air hangat kedalam botol susu kurang lebih 60 cc terus campurkan dengan susunya (untuk 200 cc = 7 sdk susu, boleh dikurangi 1 sdk susu jika mau) kemudian susu dikocok terlebih dahulu baru kemudian dicampurkan dengan bubur tajinnya sebanyak sisa dari air hangat tadi yaitu sampi 200 cc normalnya susu biasa kemudian dikocok kembali biar susu dan bubur tajinnya menyatu, lalu diberikan keanak, sejauh ini perkembangan anak saya cukup bagus, dan Alhamdulillah jarang sakit, dan selama minum susu tajin alhamdulillah pencernaannya tetap bagus.

Semoga tip ini bisa membantu mengatasi anak balita yang susah makan.



Tidak ada komentar: